Jumat, 22 Agustus 2008

NEW EXPERIMENT--FUNGI BONGGOL JAGUNG

Siapa yang suka jagung ?? pasti semua ayam n burung pada tunjuk tangan. Haha. Jadi gini. Liburan kemaren nyokap beli jagung seiket. Seminggu tu makan jaguung mulu. Ampe suatu hari gue makan jagung, bonggolnya gue buang di tong sampah kamar gue. Gue melakukan aktivitas seperti layaknya gadis desa. Lhoh?

Dua minggu kemudian pas gue mau buang sesuatu di tong sampah itu. Jeger.. gue kaget banget ngeliat kondisi tong sampah gue yang sekarang. Kucel disgust bersarang dan oren-oren ga jelas. Hal pertama yang terlintas di otak gue adalah : mba putri abis makan Ring terus bumbunya ditabur-taburin di tong sampah. Tapi kayaknya bumbu chiki gak ampe segitunya dah. Hal kedua yang gue lakukan adalah : mencari tau apakah gerangan yang berwarna oren tersebut dengan cara menyentuh. Gue sentuh. Mikir bentar. Nerawang nerawang. Duaar.. tetep aja gue gak tau itu apaan. Hal terakir yang harus gue lakuin adalah : cari tau apa aja isi dari tong sampah gue itu.

Setelah beberapa tahun berlalu. Maksud gue setelah sekitar setengah jam gue ngejogrog didepan tong sampah itu, gue akhirnya tau apa aja isi dari tong sampah gue.

1.aqua gelas

2.kertas-kertas

3.bonggol jagung

Hahaha. Gue langsung inget praktek gue waktu kelas 7 smp. Waktu praktek mengamati jamur. Jadi tu yang iren-oren ternyata adalaaah.. jamur bonggol jagung.. hahaha..

Jadi sodara-sodara . banyak tumbuh-tumbuhan atau buah-buahan yang difermentasikan bisa mengeluarkan jamur. Contohnya saja bonggol jagung. jamur yang diakibatkan lembabnya suhu bonggol jagung tersebut bernama fuborn (fungi bonggol jagung). hehe.

Ni dia wujud topik kita hari ini :

Versi zoom out :


that's all ..

hho..

Tidak ada komentar: