Senin, 10 Februari 2014

PERS MAHASISWA

Pers = wartawan = pencari berita = pengejar2 narasumber = pemalsu fakta(kadang) = pengumbar aib seseorang = profesi yang dibenci emak.

yup, that is me. bisa dibilang begitu. dan mengaku begitu.

Gabisa dipungkiri, kiprah gue di UKM jurnalistik ini udah lumayan lahh.. walaupun pembuatan majalah baru 1x dalam 3 tahun gue bergabung ukm ini. tapi hasil artikel yang gue buat ga sedikit. *sombongdikit..
beberapa ada yng gue posting di blog ini kok.
ya walaupun gue gabisa nilai diri gue sedniri, tp emang gue terlalu banyak kekurangan. tapi gue seneng bisa membuat sebuah karya tulisan yang bisa membuat orang yang membacanya bergumam "ohh... ternyataa..."
karena gue selalu menuliskan info2 terkini yang aktual dan terpercaya.

gimana ga terpercaya?? orang gue terjun langsung mewawancarai narasumber.

gue sama sekali ga membayangkan atau memimpikan gue dikampus akan menjadi pers. pertama kali gue join ukm ini, dibayangan gue ya hanya nulis, berimajinasi, dan mencari berita hanya diam2. ternyata salah besar.

kerjaan gue dikampus ada 3. jadi mahasiswa teladan, jadi pers profesional, dan jadi anggota himpunan akuntansi yang onjoe~~ hahaha

oke lanjut ke pers mahasiswa. tugas pers mahasiswa :
1. selalu up to date dalam hal informasi terkini
2. selalu mewaspadai adanya kecurangan pihak jajaran
3. selalu tanggap dengan segala info yang ada
4. aktual dengan informasi yang ada
5. akurat dan dapat dipercaya
6. cepat dalam menyampaikan berita

fuh.. ga kebayang deh..sampe sekarang aja kalo gue nonton tv tentang wartawan, atau ftv deh tentang wartawan kampus.. gue selalu ngebatin.. eh.. kok kaya gue ya.. oh gue kaya gitu ya.. hahhhaa

kerjaan gue ngedeketin orang2 penting untuk dapetin info.. tapi berjalannya waktu, info itu dateng dengan sednirinya. karena semakin banyaknya informan yang memberitahu mouth by mouth

tiap ada acara, selalu menyempatkan diri meliput dengan membawa tentunya ID CARD kebanggaan :

kerjaan gue itu ngeliput ngeliput dan ngeliput..
oh besok ada acaa ini, ada yang ditugaskan ga? oh ga ada yaudah gue. begitu dan seterusnya.
dari wawancarain rektor, warek 1, warek 2, humas, bagian BUP, kepala BAK, bagian TIK, dekan, kajur, dosen ekonomi, dosen sastra, dosen teknik, dosen kelautan, satpam, mahasiswa berprestasi tiap2 fakultas, mahasiswa yang mempunyai bisnis, sampai artis juga pernah, ki kusumo waktu itu, iwan fals, sampe cowboy junior. tapi yang cowboy junior gue memberikan kesempatan untuk junior gue, supaya mereka bersemangat.

sampai akhirnya pemilihan ketua umum datang pada waktu itu, sayapun yang didaulat.
dan syukur alhamdulilah, berapa minggu sebelum pemilihan ketua umum, saya diterima bekerja di PT salah satu distributor bahan bakar solar...
dan saya pun 1 tahun lamanya hampir bisa dibilang vakum dari aktifitas ini :D

hobi gue nulis, bukan pencari berita. hohoho

anyway, mau dikata apapun, ini semua udah gue lewatin, dan sebentar lagi gue akan ninggalin ini semua. entah nantinya gue akan jadi wartawan beneran atau nggak. tapi hoby nulis gue ini pengen banget gue jadiin karya yang sungguhan dan menghasilkan sesuatu.

PERS itu berat. that's why sampai dibuat Undang Undang tentang PERS.
PERS itu harus kuat. that's why, pengukuhan anggota baru dibuat dan dikemas sedemikian rupa agar menghasilkan mental anggota semakin kuat.

over all.. ga ada tindakan yg sia2. gue bangga dengan apa yang udah kerjakan semasa gue kuliah. walaupun proker majalah kepengurusan gue belum selesai. tapi we do the best!


Tidak ada komentar: